Maria Balun ketika bersama dengan kedua orang tuanya

Maria Balun ketika bersama dengan kedua orang tuanya

Surabaya- Mengembangkan minat olahraga dapat mendidik seseorang untuk memiliki karakter yang disiplin dan mandiri. Begitulah yang dialami oleh Maria Caroline Suryantika Balun. Maria Balun memiliki sejuta kenangan dengan olahraga khususnya olahraga bela diri Karate. Berbagai prestasi telah diraihnya, mulai dari tingkat yang paling bawah hingga kejuaraan tingkat provinsi Jawa Timur.

Ditemui oleh kabaremansipasi.com di rumahnya di kawasan Wiyung, Surabaya Barat hari Kamis (13/4/2017), perempuan yang berdarah Kupang Jawa ini ssangat menyukai olahraga ini karena mendidik dirinya untuk lebih berani menghadapi semua masalah. “Saya mengikuti karate ini sejak kelas 1 dan berkat orang tua, saya bisa sampai saat ini,”ujar Maria.

Selain itu, dengan belajar Karate, Maria Balun semakin berani dan lebih mandiri dalam kehidupan sehari-hari,”ungkap Juara 1 Karate Kejuaraan Nasional Karate Open VIII Piala Walikota Malang itu.

pose Maria Balun saat mempertunjukan gerakan karate

pose Maria Balun saat mempertunjukan gerakan karate

Di sisi lain, Maria dalam kehidupan sehari-hari dikenal sebagai sosok yang ramah dan selalu bersyukur dengan prestasi yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Kuasa. “saya bersyukur dapat menggapai prestasi Karate mulai dari tingkat regional sampai dengan kegiatan Karate se-Provinsi Jawa Timur karena perbuatan tangan Tuhan yang memberikan kekuatan dan rahmatnya sehingga saya dapat berprestasi sampai saat ini”imbuh Maria.

Bagi orang tuanya yakni Milkheor Kwaik Balun, Maria adalah sosok yang cerdas. Melky-panggilan sehari-hari dari Milkheor Kwaik Balun berharap, anaknya ini dapat mencapai cita-cita yang diinginkan dengan baik. “saya sangat senang dengan keberadaan Maria sejak masa kecil yang dilatih untuk menjadi sosok karateka yang mau hidup disiplin dan mau berdikari sehingga kelak dia dapat menggapai cita-cita sesuai dengan kemauannya,”tukas Bapak yang sehari-hari bertugas sebagai petugas Keamanan di sebuah sekolah Internasional di Surabaya.

Maria berharap, lewat Karate ini, ia dapat mendarmabaktikan dirinya kepada nusa dan bangsa. “saya sangat berharap dengan berlatih karate setiap hari, saya mendapatkan pengalaman berharga bertemu dengan semua sahabat-sahabat saya yang ada di seluruh nusantara. Terlebih saya dapat  mencapai cita-cita saya sebagai abdi negara yakni TNI Angkatan Laut,” ujarnya di akhir perbincangan.

(Pet)