Suasana Latihan Kepemimpinan Pengurus OSIS SMA Kristen Dharma Mulya Surabaya

Suasana Latihan Kepemimpinan Pengurus OSIS SMA Kristen Dharma Mulya Surabaya

Surabaya – Kepemimpinan yang baik hendaknya dilatih sejak dini. Begitulah yang dilakukan oleh SMA Kristen Dharma Mulya Surabaya kepada pengurus OSIS yang berjumlah kurang lebih 40 siswa. Pelatihan yang diadakan mulai dari tanggal 29 – 30 September 2017 di SMA Kristen Dharma Mulya Surabaya itu bertujuan untuk membekali siswa – siswi dengan jiwa kepemimpinan seperti kejujuran, integritas, menolong dan melayani. Demikian yang diungkapkan oleh Yuni Artanti, Koordinator Kesiswaan SMA Kristen Dharma Mulya.

Yuni Artanti mengatakan, kegiatan yang dinamakan Latihan Kepemimpinan Dasar (LKDS) ini dilakukan karena ini untuk membentuk anak-anak ini menjadi pemimpin bagi diri para siswa ataupun orang lain. LKDS ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun.

Terkait dengan melayani, ungkap Yuni, melayani dalam hal ini berarti melakukan tanpa pamrih dan memberikan yang terbaik bagi sesama khususnya untuk kawan – kawan OSIS ini. Selain itu, mereka dapat memberikan dengan mengaplikasikannya kepada masyarakat.

Yuni berharap, lewat pelatihan ini  siswa – siswi ini dapat menjadikan dirinya teladan dan memberikan berkat bagi teman – teman serta lingkungan sekitarnya. “Selain itu, saya juga mengharapkan mereka dapat menjadi pribadi yang dapat berbagi dan memberikan hal – hal yang positif dalam masyarakat,”tambahnya.

Chikita Imanuella (baju batik biru) dan Audrey Valencia Gunawan (kemeja polos warna biru), kedua peserta pelatihan LKDS SMA Kristen Dharma Mulya Surabaya

Chikita Imanuella (baju batik biru) dan Audrey Valencia Gunawan (kemeja polos warna biru), kedua peserta pelatihan LKDS SMA Kristen Dharma Mulya Surabaya

Berbagai tanggapan dari pelatihan pelatihan ini disuarakan oleh beberapa siswa. Mereka adalah Chikita Imanuella dan Audrey Valencia Gunawan, keduanya siswi kelas XI SMA Kristen Dharma Mulya. Chikita mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat baginya karena mendapatkan kesempatan untuk merancang menjadi Event Organizer yang baik. “Melalui LKDS, saya belajar bagaimana seorang wirausahawan yang baik. Disini saya mempelajari bagaimana membuat perencanaan dana untuk sebuah acara yang baik. Kita dibagi kelompok untuk membuat rencana. Kita berpikir lengkap, komplit dan perfect. Ternyata tidak mudah membentuk sebuah kewirausahaan. Penjelasannya sangat kritis tetapi bagiku dengan mempelajarinya maka dapat menjadi bekal bagi kehidupanku kelak nantinya”kata Chikita yang senang dengan adanya pelatihan ini.

Lain halnya dengan Audrey Valencia Gunawan, siswi itu berpendapat bahwa dia dapat mempelajari tentang bela negara dan semua siswa dapat mempelajari untuk berkerjasama dalam mendarmabaktikan seluruh potensi. “Saya tertarik dengan pembelajaran untuk membela negara. Di sini kita difokuskan bagaimana mencintai negara Indonesia,”tutur Audrey yang sangat percaya dengan pelatihan ini dapat melatih kerjasama dengan rekan-rekannya.

(Pet)  Fotografer : Jefri E Dimalouw