Ibu - Ibu PKK Kalibokor Kencana RT 06 RW 05 Surabaya melakukan kegiatan menanam tumbuhan toga pada hari Minggu (9/9/2018)

Ibu – Ibu PKK Kalibokor Kencana RT 06 RW 05 Surabaya melakukan kegiatan menanam tumbuhan toga pada hari Minggu (9/9/2018)

Surabaya – Tanaman toga untuk kesehatan terus dilakukan oleh warga Surabaya khususnya yang dilakukan oleh warga Kalibokor Kencana RT 06 RW 05. Warga penduduk tersebut menanam pohon – pohon yang berfungsi untuk kesehatan tubuh. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (9/9/2018).

Seperti halnya yang dilakukan oleh penduduk  kalibokor kencana di RT 06 dan RW 05  dalam mengembangkan pembudidayaan tanaman apotik hidup  atau tanaman  obat keluarga lazim disebut dengan TOGA yang dapat memberikan khasiat dalam hidup.

Endang Nawaningrum, ketua RT 06 Kalibokor Kencana Surabaya, berkata bahwa dengan adanya tanaman tumbuh – tumbuhan ini dapat memberikan fungsi untuk penghijauan dan memberikan dampak kesehatan bagi warga. “Penanaman tumbuhan obat-obatan ini dimulai setelah puasa dan setelah adanya sosialiasi ibu-ibu PKK tentang pentingnya tanaman apotik hidup dan penghijauan. Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan faedah kesehatan dan penghijauan,”kata Endang di kediamannya saat acara tersebut.

Endang memberikan beberapa contoh kebermanfaatan dari tanaman toga untuk melibas berbagai macam penyakit tropis. “Ada beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk mencegah beberapa penyakit seperti sakit panas bisa diberikan kunir yang diparut dan dicampur madu. Binahong yang memiliki banyak fungsi, kalau ada warga yang kena luka bakar, dan masih banyak lagi seperti jahe, dan lain sebagainya,”tukas Endang.

Senada dengan Endang, Kundayah Nurwati, RW 05 Kalibokor Kencana Surabaya mencermati bahwa menanam ini adalah inisiatif warga dalam berpartisipasi untuk menjaga lingkungan hidup serta memberikan manfaat melalui tanaman obat-obatan “Di sini dilakukan menanam sekitar 50an tanaman yang lebih dan warga sangat antisipatif. Dan kami mulainya sejak hari minggu. Mengenai jadwalnya dari warga juga bervariatif,.pokoknya kami saling kompak,”ujar Kundayah. Endang dan Kundayah serempak mengucapkan, dengan adanya tanaman –tanaman ini dapat mengembangkan kesadaran dengan masyarakat dan lingkungan secara berkesinambungan

Terkait dengan pemeliharaan dan dukungan anak-anak muda, Mochamad Alfian dari karang taruna wilayah RT 06 RW 05, berharap, agar tanaman toga ini dapat dipakai dan mendukung bagi kehidupan warga setempat dengan efektif, efisien dan nyaman. “Dengan adanya tanaman toga ini dapat memberikan pengobatan yang murah tanpa menggunakan bahan kimia, murah dan dapat dikonsumsi sendiri. Di samping itu, tanaman toga ini membantu masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan obat-obatan,”tutur Alfian.

(Pet/ Tugas Kim)