Nasi Babi Guling Men Lari

Nasi Babi Guling Men Lari

Badung, Bali – Makanan khas yang sangat terkenal di Bali antara lain babi guling. Di Bali, makanan ini biasa disebut be guling merupakan sejenis makanan yang terbuat dari anak babi betina atau jantan yang dipanggang. Salah satu wisata kuliner babi guling yang terkenal di Bali adalah warung (Wr) warung babi guling Men Lari.

Warung yang dimiliki oleh pasangan I Made Bangur dan Ni Made Suarningsih tersebut berasal dari Banjar Sayan Baleran, Desa Werdi Bhuana, Mengwi – Badung. Mereka awalnya hanya berdagang di area sabung ayam yang berada di sekitar Desa Mengwi.

Karena banyak peminat, mereka mulai mendirikan warung yang berlokasi di Desa Sembung pada tahun 2005, kemudian membuka cabang di Br. Den Kayu Mengwi dan saat ini sudah membuka cabang di desa Munggu (arah menuju Tanah Lot). Lima bulan lalu, mereka membuka cabang terbaru di wilayah desa Canggu yang masih berada di jalur Jl. Raya By Pass Tanah Lot.

Proses pembuatan babi guling membutuhkan waktu yang sangat lama sampai tercapai tingkat kematangan yang diinginkan. Diawali dengan menyembelih babi, setelah itu babi yang sudah dibersihkan dan dikeluarkan isi perutnya, diisi bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon. Sayuran ini akan terasa sangat enak karena setelah dibumbui kemudian diletakkan dalam perut babi lalu dijahit dengan benang.

Dari mulut babi ditusukkan bambu yang  tembus sampai di belakang sebagai alat pemegang saat babi akan dipanggang.  Proses pemanggangan dilakukan dengan cara disangga dengan dua kayu lalu babi yang sudah ditusuk bambu diletakkan di antara kayu penyangga, api dinyalakan melalui bara atau arang dan babi diputar-putar atau diguling-gulingkan. Bila babi sudah matang akan terlihat dari perubahan warna kulitnya. Kulit babi yang semula berwarna putih akan menjadi kecoklatan dan renyah.

Babi guling dihidangkan bersama berbagai bahan pelengkap. Dalam satu porsi babi guling berisi nasi putih, daging babi guling, kulit babi guling, jerohan goreng, kerupuk kulit babi, urutan atau sosis babi, kuah jukut ares (sayur yang terbuat dari batang pisang) , lawar, jukut don sela atau sayur daun singkong.

Tempat Pelanggan Melakukan Pesanan Makanan di Warung Babi Guling Men Lari

Tempat Pelanggan Melakukan Pesanan Makanan di Warung Babi Guling Men Lari

Warung babi guling ini mulai buka jam 08.00 WITA – 18.00 WITA. Wisatawan ataupun warga di sana cukup membayar Rp 25.000,- untuk dapat menikmati babi guling yang lezat ini. Warung ini juga menerima pesanan babi guling utuh, nasi bungkus dan nasi kotak.

(Sha/red)