satu set menu makanan minuman pada acara Good France 2017 di Hotel JW Marriot Surabaya

satu set menu makanan minuman pada acara Good France 2017 di Hotel JW Marriot Surabaya

Surabaya – 21 Maret merupakan perayaan Citra Rasa Perancis. Di berbagai tempat yang sangat cinta akan kuliner Perancis bakal menyajikan hal yang terbaik dari masakan Perancis. Hal itu juga dilakukan oleh Hotel JW Marriot Surabaya dengan mengadakan kegiatan yang bernama Good France 2017. Di hotel ini disajikan berbagai varian makanan Perancis diracik dengan bumbu Indonesia.

Chef Emmy Esther Matondang, Chef Hotel JW Marriot Surabaya, mengatakan, ada berbagai macam makanan Perancis yang menggunakan bahan makanan dari Indonesia. ”Dalam Good France 2017, saya akan menampilkan hidangan pembuka yakni Pan Fried Gateaux de Dory. Dalam hdangan ini, saya akan menggunakan garlic yang biasa dipakai sebagai penyedap rasa, lemon, kecap yang pasti berasal dari Indonesia dan aioli radish. Sedangkan untuk appetizer seared scallops Jeruk Bali Mousseline, menggunakan bahan artchoke, buah apple, red cabbage, crisp, rempeyek dan udang, Grilled Lamb Loin sambel Kasturi terdiri dari beberapa bahan yang sangat menarik diantaranya  Zucchini puree, Pernood lime sauce, Crush almonds,”kata wanita kelahiran Medan tersebut.

Chef Emmy Esther Matondang

Chef Emmy Esther Matondang

“Selain itu, untuk Soup saya mengeluarkan menu Creamy Mint Potage de Petits Pois. Di samping itu, kelapa santan, anis seed, kemangi dizzle dihidangkan pada perayaan Kuliner Perancis,”tambah Chef perempuan pertama di Surabaya yang menyajikan hidangan dari Perancis itu.

Saat ditanya, kenapa kuliner Perancis diberikan beberapa bumbu-bumbu masakan dari Indonesia?, Emmy mengatakan, dengan memperkenalkan makanan Perancis dengan perpaduan bumbu Indonesia ini dapat mempromosikan kuliner Indonesia yang kaya dengan berbagai macam bumbu masakan dan pas dengan lidah orang Surabaya yang suka akan masakan Indonesia. “Menyajikan bumbu masakan Indonesia dapat memperkenalkan kekayaan bahan rempah-rempah yang ada di bumi pertiwi Indonesia. Selain itu juga, kami ingin orang-orang yang berasal dari Indonesia juga merasakan masakan Perancis dengan tidak meninggalkan cita rasa Indonesia,”tandas Emmy Kamis(16 /03)  di Lobby Hotel JW Marriot.

JW Marriot Surabaya juga memberikan beberapa hidangan appetizer kepada beberapa rekan-rekan wartawan diantaranya Grilled Lamb, Baked Salmon, dan Pan Fried Dori yang disediakan dengan penataan yang sangat cantik.

Tak ketinggalan pula, untuk memberikan kesegaran saat siang hari disajikan beberapa menu minuman diantaranya Cocktail dan Moctail yang mantap dengan campuran kesegaran baru.

Hidangan Apetizer dari Hotel JW Marriot Surabaya saat acara Good France 2017

Hidangan Apetizer dari Hotel JW Marriot Surabaya saat acara Good France 2017

Sidiq, Beverage Manager JW Marriot Hotel Surabaya, mengatakan, Coctail ini terdiri dari berbagai campuran yang segar khususnya untuk suasana Good France. Minuman Cocktail ini terdiri dari fine wine cognac, dan grand marnier yang sudah pasti memberikan rasa manis dan beraroma alkohol. Untuk Mocktail, minuman dicampur dengan berbagai rasa diantaranya fresh apple juice, fresh grape, dan vanile Frozen kemudian di mix untuk menambah kesegaran saat siang hari”kata Sidiq.

Pramenda Krishna, Penanggung Jawab Budaya dan Komunikasi Institut Francais mengatakan, Gout de France mulai diadakan sejak tahun 2015 yang dipelopori oleh Chef terkemuka Perancis yaitu Allain Du Cosse dan kementerian Luar negeri dan Pembangunan inetrnasional Republik Perancis. “Ini dikarenakan terinspirasi dari Auguste Escoffier yang berinisiatif memperkenalkan Diners d’epcure pada tahun 1912 dengan melibatkan banyak orang pada hari yang sama di beberapa kota di dunia,”kata Krishna. Good France ini memberikan apresiasi terhadap kuliner Perancis dengan nilai kebersamaannya.

Lanjut Krishna, saat ini perkembangan dari Good France sudah mendunia dan bahkan diakui oleh UNESCO. “saat ini, Good France diakui oleh UNESCO pada 21 Maret sekaligus menandai datangnya musim semi”tandas Krishna.

(Pet)