George Oktavianus Mambo menunjukkan hewan insekta koleksiannya. Foto : Instagram George Oktavianus Mambo

Banyuwangi – Ada sesuatu yang spesial di jalan Kalibaru 701, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada hari Minggu lalu (31/07/2022). Di rumah George Oktavianus Mambo terdapat hewan insekta dari berbagai jenis dan kupu-kupu yang diawetkan.

Hewan Insekta yang dikoleksi oleh George Oktavianua Mambu

George menunjukkan koleksinya kepada kabaremansipasi.com dan KIMPC100.blogspot.com di ruang tengah rumahnya sambil relaksasi melihat diorama kupu-kupu dan hewan insekta lainnya. Ada tempat yang dapat dijadikan mejeng untuk foto-foto yang ada di beberapa flyers. Selain itu, dia membuat katalog jenis kupu – kupu yang dikoleksi.

George Oktavianua Mambu memberikan waktu dan seluruh dirinya bagi dunia insekta dan kupu-kupu. George mengkoleksi ribuan kupu- kupu dan insekta lainnya dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Dia mengaku bahwa usaha untuk hunting atau mencari kupu-kupu dan hewan insekta lainnya sejak duduk di bangku Sekolah Dasar karena iseng melihat gurunya berburu kupu-kupu. Namun, pencariannya begitu intens sejak tahun 1998 sampai 2022.

“Kegiatan hunting atau pencarian ini dimulai dari tahun 1997 sejak di Bremi, Probolinggo, Jawa Timur sampai dengan pengembangan sekarang di Kalibaru. Saat ini saya masih mencari hewan-hewan insekta dan kupu-kupu lainnya” imbuhnya.

Diorama berbagai jenis Kupu kupu yang diawetkan di rumah George Oktavianua Mambu

Pencarian insekta yang dilakukan George memberikan hasil yang cemerlang. Pemerintah Jepang dalam hal ini memberikan kesempatan bagi dia belajar ke negeri Sakura ini. “Usaha yang saya lakukan ini membuahkan hasil yang baik dimana Pemerintah Jepang memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar mengenai insekta di sana” lanjut George.

(pet/red)